Institut Transportasi dan Logistik (ITL) Trisakti Menyelenggarakan pertemuan dengan Masyarakat Kompetensi Nasional (MASKOMNAS) sekaligus menandatangani MoU Kerja Sama antara ITL Trisakti dengan MASKOMNAS, Bertempat di ruang rapat lantai 5 Kampus ITL Trisakti, Jumat (14/06/2019).

Diadakannya pertemuan dan penandatanganan MoU tersebut adalah agar ITL Trisakti menjadi model lembaga pendidikan dan pelatihan kompetensi yang terkait dengan transportasi dan logistik di Indonesia ini.
Wakil Ketua Umum MASKOMNAS, Muhammad Moedjiman saat diwawancarai oleh awak media usai acara mengatakan ” Maskom akan fokus pada Vokasi di dua program pendidikan transportasi dan logistik, kita fokus yang Vokasi dulu, bagaimana menata pendidikan Vokasi di ITL Trisakti ini dengan memenuhi sistem pengembangan SDM kompetensi tadi seperti memenuhi Standardnya, memenuhi proses pendidikannya, memenuhi sistem sertifikasinya dan akan kita usahakan Link dengan Usernya”, ujar Moedjiman.
Moedjiman menjelaskan bahwa dalam sudut pandang Maskom adalah mengembangkan sistem yang disebut dengan Sistem Kompetensi Nasional (SISKOMNAS).
” Karena Maskom itukan organisasi kemasyarakatan jadi Dia bukan Regulator, bukan juga Eksekutor, tetapi Dia adalah Konseptor yang kita sebut Sistem Kompetensi Nasional (SISKOMNAS), oleh sebab itu melalui ITL Trisakti ini kita akan coba di aplikasikan SISKOMNAS di bidang Transportasi dan Logistik, kita tata 4 Pilarnya tadi sehingga nanti kalau itu berhasil dengan baik maka akan menjadi model yang bisa ditularkan ke lembaga- lembaga pendidikan dan pelatihan yang lain”, papar Moedjiman yang juga mantan Ketua BNSP pertama.
Saat yang sama Rektor ITL Trisakti Dr.Ir.Tjuk Sukardiman menjelaskan dengan adanya program pendidikan Vokasi tersebut adalah merupakan tugas dari Pemerintah kepada ITL Trisakti untuk mengembangkan keahlian kepada para generasi milenial.
“Ini semua adalah penugasan dari Pemerintah kepada ITL Trisakti, Insya Allah akan segera terwujud apabila kita memang sudah menyiapkan rencana pembelajaran semester dari mata kuliah- mata kuliah keahlian tadi dengan capaian pembelajaran seperti apa dan keahlian itu nanti akan dibantu oleh Maskom dan menyusun keahlian bagaimana keahlian ini bekerja sama dengan dunia industri”, terang Rektor.
“Oleh sebab itu makanya di tingkat ITL Trisakti membutuhkan LSP tingkat satu dan nanti Link BNSP-nya akan dibantu dengan Maskom, jadi Maskom itu memfasilitasi ITL Trisakti dalam rangka untuk membentuk LSP 1 dan memberikan penguatan pada Komnas di bidang Transportasi dan Logistik”, pungkas Rektor.
Sumber : http://www.bidikfakta.com/2019/06/penandatanganan-mou-kerja-sama-antara.html?m=1

SIAKAD

PMB

PASCASARJANA

E-JOURNAL

PPMI

ASD