Anda Ingin menjadi “SARJANA PERKERETAAPIAN” dan Kerja di KERETA API yang MUMPUNI dan PROFISIONAL???
Institut Transportasi dan Logistik Trisakti adalah satu-satunya Perguruan tinggi di Indonesia yang mencetak “SARJANA PERKERETAAPIAN”.
Institut Transportasi dan Logistik Trisakti telah melaksanakan PROGRAM STUDI Rekayasa Infrastruktur dan Lingkungan dengan kekhasan “PERKERETAAPIAN” sesuai dengan Kepmenristekdikti
Moda transportasi PERKERETAAPIAN merupakan moda transportasi yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan moda transportasi darat lainnya.
Keunggulan-keunggulan tersebut adalah;
- Sebagai angkutan massal baik untuk barang maupun penumpang
- Hemat energy
- Hemat lahan
- Polusi sangat rendah
- Cepat, tepat, aman dan lancar
- Dapat dioperasikan dengan kecepatan lebih dari 300km/jam (High speed train)
- Mampu menyelesaikan masalah kemacetan lalu lintas di perkotaan
- Tidak terpengaruh dengan masalah cuaca maupun kabut
Berdasarkan keunggulan-keunggulan tersebut diatas maka keretaapi adalah transportasi masa depan yang dapat menyelesaikan masalah kemacetan transportasi perkotaan dan bahkan akan menjadi kebanggaan suatu negara apabila memiliki keretaapi kecepatan tinggi (High Speed Train).
Untuk mencetak SARJANA TEKNIK PERKERETAAPIAN YANG MUMPUNI DAN PROFESIONAL, mata kuliah pokok yang akan dipelajari adalah;
- Prasarana pokok meliputi; Jalan keretaapi (track), Jembatan, Terowongan dan Bangunan Setasiun.
- Prasarana pendukung opersi meliputi; Persinyalan, Telekomunikasi dan Listrik aliran atas.
- Rolling Stock meliputi; Lokomotif, Kereta dan Gerbong.
- Railway Traffic dan Bisnis perkeretaapian.
Profil lulusan yang diharapkan adalah;
- Railway Infrastructure, Operations and Environment Egineer.
- Railway Infrastructure, Operations and Environment Planner and Designer Egineer.
- Railway Infrastructure, Operations and Environment Researcher.
Gelar kesarjanaan yang diperoleh adalah “SARJANA TEKNIK (ST”)
Prospek bekerja setelah lulus sebagai “SARJANA TEKNIK PERKERETAAPIAN” sangat menjanjikan antara lain;
- Bidang Pemerintahan sebagai REGULATOR (Misalnya; Kementerian Perhubungan, Dinas Perhubungan Propinsi dan Dinas Perhubungan Kabupaten/Kota)
- Badan usaha milik Negara yang bergerak dibidang Perkeretaapian antara lain; PT.KAI; PT.INKA; PT.LEN
- Badan Usaha milik Negara yang bergerak dibidang konstruksi antara lain; WIKA; WASKITA; HK; ADHI; PP dll.
- Badan Usaha milik Daerah antara lain Pemda yang telah dan akan membangun Perkeretaapian (DKI, Palembang, Bandung, Surabaya, Bali, Batam, Sulawesi. Kalimantan dll)
Proyek –proyek Perkeretaapian yang sedang dan akan dibangun meliputi +/- 5.405 km sehingga sangat dibutuhkan ahli-ahli teknik Perkeretaapian baik pada masa konstruksi, Operasionalisasi dan perawatannya.
Kebutuhan tenaga kerja untuk menangani bidang Perkeretaapian diperkirakan +/- 2.100 per tahun.
Mari kita manfaatkan peluang pendidikan TEKNIK PERKERETAAPIAN yang memiliki peluang dan prospek masa depan yang gemilang untuk berkarir dan berkarya.
Recent Comments