ITL Trisakti Adakan Penandatanganan MoU Sekaligus Kunjungan Industri Kelas Internasional Ke DSV Solutions Indonesia

Jakarta, 2 Juli 2024 – ITL Trisakti telah melaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) dengan DSV Solutions Indonesia, dan sekaligus dilaksanakan kunjungan industri mahasiswa kelas internasional.

Penandatanganan MOU ini merupakan langkah strategis dalam memperkuat kolaborasi antara dunia pendidikan dan industri, khususnya dalam bidang transportasi dan logistik serta peningkatan indikator kinerja utama (IKU) ITL Trisakti.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan penting dari kedua institusi, dimana dari ITL Trisakti dihadiri oleh Dr. Yuliantini selaku Rektor, H. Basri Fahriza, Ph.D selaku Wakil Rektor IV, Dr. Yulianti Keke selaku Direktur Vokasi, Asep Ali Thaba, MM selaku Kaprodi Manajemen Logistik Material (MLM), Dr. Sinta Annisa selaku Sekretaris Fakultas Sistem Transportasi dan Logistik, Dr. Yosi Pahala selaku Kepala Bidang Komunikasi Publik, Nursery Alfaridi Nasution, MM selaku Kepala Bidang Kerja Sama.

Sedangkan dari pihak DSV Solutions Indonesia dihadiri oleh Dian Krisna selaku General Manager, Rosalia Octaviani selaku Senior Manager, dan Wildan Indrawan selaku HRD Manager.

Acara diawali dengan sambutan dari Human Resource Manager DSV Solutions Indonesia, Wildan Indrawan yang menjelaskan tentang program-program dan capaian yang selama ini sudah dilaksanakan bersama ITL Trisakti seperti program MSIB, program magang vokasi, kelas kerjasama, observasi dan kunjungan, serta Kaizen Overview. Wildan Indrawan juga menyebutkan bahwa sekitar enam alumni ITL Trisakti telah direkrut menjadi bagian dari DSV. Dari program Kaizen Overview, mahasiswa ITL Trisakti menduduki posisi teratas dalam membuat Kaizen Overview untuk PT DSV.

“Kami melihat bahwa mahasiswa ITL Trisakti selama ini memiliki keahlian yang baik dalam melaknakan program internship di DSVdan membuktikan para mahasiswa dapat langsung diterima menjadi karyawan di DSV. Selain itu mahasiswa ITL Trisakti masih menjadi yang terbayak dalam membuat Kaizen Overview program,” ungkap Wildan.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Rektor ITL Trisakti, Dr. Yuliantini, yang mengucapkan terima kasih atas penerimaan yang sangat baik. Beliau berharap kerjasama ini dapat berjalan lancar ke depannya, dan semakin banyak mahasiswa ITL Trisakti yang bisa menjadi bagian dari PT DSV. Selain itu, ITL Trisakti terbuka bagi karyawan PT DSV dapat melanjutkan kuliahnya dengan mengambil kelas karyawan atau melanjutkan S2 dan S3.

“Kami sangat senang dan mengucapkan terima kasih atas penerimaan yang luar biasa di DSV Solution Indonesia, dan berharap kerja sama ini dapat berjalan dengan sangat baik, saling menguntungkan bagi kedua belah pihak,”pungkas Yuliantini.

“Baik mahasiswa yang melaksanakan magang atau PKL dan lulusan ITL Trisakti yang diterima bekerja di DSV merupakan bukti bahwa ikatan dan hubungan antara institusi pendidikan dan dunia industri sangat penting. Saya melihat DSV Solution Indonesia merupakan industri yang sangat peduli dengan pengembangan pendidikan berbasis transportasi dan logistik sejak dulu. Oleh karenanya saya berharap kerja sama ini dapat terus dilakukan dan ditingkatkan. Bila ada karyawan dari DSV yang ingin melanjutkan studi di ITL Trisakti tentunya kami akan sangat terbuka untuk menawarkan studi lanjut melalui jalur AP ke S.1 bagi yang dari D.3, jalur RPL S.1 dan S.2, studi lanjut S.2 hingga S.3. Kita dapat membuka kelas khusus karyawan dan profesional hingga kelas pimpinan perusahaan (CEO Class),” ungkap Yuliantini.

General Manager DSV Solusion Indonesia Dian Krisna dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan ITL Trisakti kepada DSV untuk menjalin kerjasama ini. Dian kemudian memaparkan profil perusahaan dari lingkup global hingga di Indonesia, dan produk-produk layanan dari mitra global internasional.

“Selaku pimpinan DSV saya sangat berharap kerja sama ini akan terus berjalan sampai kapan pun, dimana kami dapat mengembangkan keilmuan dan mempersiapkan sumber daya manusia bidang transportasi dan logistik yang handal bersama ITL Trisakti, pungkas Dian dalam sambutannya.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan MOU dan MOA oleh General Manager PT DSV dan Rektor ITL Trisakti, yang menandai terjalinnya kerjasama untuk lima tahun ke depan, dengan harapan dapat terus berlanjut setelahnya.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan kunjungan industri oleh mahasiswa Kelas Internasional program studi S.1 Manajemen Transportasi dan Logistik, dipandu oleh General Manager dan Human Resource Manager DSV untuk melihat bagaimana kegiatan di lapangan dalam proses inbound dan outbound cargo di warehouse tersebut serta menjelaskan fungsi dan karakteristik dari masing-masing cargo dan warehouse.

Kegiatan kunjungan lapangan sudah dilakukan secara rutin oleh mahasiswa ITL Trisakti ke DSV. Kunjungan industri bertujuan untuk mengenalkan kepada mahasiswa lebih awal bagaimana proses bisnis logistik pergudangan, tidak hanya di kelas tapi juga langsung ke lapangan. Sehingga dikemudian hari mahasiswa yang akan melaksanakan  magang akan memiliki kesiapan, demikian ucap Vhanescha salah satu perwakilan mahasiswa peserta kunjungan.

“Kami sangat bangga dan senang dengan program kerja sama ini, kita bisa melihat bagaimana hubungan antara kampus kita sangat baik dengan DSV dan sudah melakukan kerja sama, mahasiswa magang banyak diserap, dan juga alumni ITL Trisakti banyak yang langsung diterima bekerja setelah magang,” ucap Vhanes.

“Kita sebagai mahasiswa semester 4 juga diperkenankan untuk kujungan industri dan melihat kegiatan secara langsung di lapangan, sehingga ini menjadi bekal yang baik buat kita bila saatnya melaksanakan magang dan praktek kerja lapangan,” tutup Vhanes yang saat ini duduk di semester empat.

 

Reportase : Vhanescha Aulia

Foto/Dokumentasi :Dhanang

Editor : Yosi Pahala