Jakarta, 30 Mei 2024 – Dalam upaya mengembangkan keterampilan kewirausahaan mahasiswa serta mendorong mereka untuk berpikir kreatif dan inovatif dalam menciptakan produk atau layanan baru, Institut Transportasi dan Logistik (ITL) Trisakti adakan kegiatan Pekan Kewirausahaan ITL Trisakti 2024. Acara ini diisi dengan berbagai kegiatan menarik dan edukatif yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan pengalaman praktis di dunia bisnis.
Kegiatan Pekan Kewirausahaan ITL Trisakti 2024 kali ini mencakup berbagai sesi seperti Ikatan Wanita Muda Indonesia (IWAPI) Goes to Campus, yang bekerja sama dengan IWAPI DPD Daerah Khusus Jakarta, workshop, Pelatihan Kewirausahaan, hingga pameran produk mahasiswa.
Rangkaian Kegiatan Utama:
- Ikatan Wanita Muda Indonesia (IWAPI) Goes to Campus
Pada sesi ini, lembaga kewirausahaan ITL Trisakti bekerja sama dengan mengundang IWAPI DPD Daerah Jakarta. Dilaksanakan di Lobby ITL Trisakti, acara diawali dengan peresmian pembukaan IWAPI goes to Campus oleh Rektor ITL Trisakti, Dr. Yuliantini, AMTrU, MM, bersama Ketua Umum DPD IWAPI DKI Jakarta, Endah Ansoroeddin. Dalam sambutan, Rektor ITL Trisakti mengucapkan banyak terima kasih kepada IWAPI yang telah bekerja sama dalam kegiatan pekan kewirausahaan kali ini serta menyatakan beberapa harapan untuk para mahasiswa.
“Pekan Kewirausahaan ITL Trisakti 2024 adalah langkah konkret kami dalam menyiapkan mahasiswa untuk menjadi pengusaha muda yang kreatif, inovatif, dan berdaya saing. Terima kasih kepada IWAPI Jakarta yang telah bersedia untuk bekerja sama. Kami berharap melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman berharga yang akan membantu mereka meraih kesuksesan di masa depan,” ungkap Yuliantini.
- Workshop Entrepreneurship
Acara dilanjutkan dengan kegiatan workshop di Auditorium Lantai 7, ITL Trisakti. Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran pimpinan ITL Trisakti, Rektor ITL Trisakti, Dr. Yuliantini, Wakil Rektor III, Dr. Aang Gunawan.
Workshop ini menghadirkan pembicara ternama di bidang bisnis dan kewirausahaan yang membagikan pengetahuan dan pengalaman mereka kepada mahasiswa mengenai dasar-dasar memulai bisnis, manajemen bisnis, strategi pemasaran, hingga inovasi produk. Para pembicara tersebut meliputi:
- Bapak Hendy Setyono, CEO Baba Rafi Enterprise
- Ibu Putri Habibie, Influencer dan Entrepreneur IWAPI Milenial
- Bapak M. Akbar Djohan, SH., MM, Ketua Umum DPPI Alfi/Ilfa
Dengan kehadiran para pembicara yang kompeten dan berpengalaman ini, mahasiswa diharapkan dapat memperoleh wawasan mendalam dan aplikatif untuk mengembangkan bisnis mereka di masa depan.
- Pelatihan Kewirausahaan
Setelah acara workshop, di tempat yang sama, kegiatan Pekan Kewirausahaan dilanjutkan dengan Pelatihan Kewirausahaan yang meliputi Business Model Canvas dan Entrepreneurship Business Plan Competition. Pelatihan ini dipandu oleh dua coach berpengalaman, yaitu Muhamad Zaini, SE., MM, dan Novida Anggraini, S.Sos, M.Si.
Kegiatan ini diikuti oleh 14 tim yang terdiri dari mahasiswa-mahasiswa yang antusias. Mereka mendapatkan kesempatan untuk belajar secara mendalam mengenai pembuatan Business Model Canvas, sebuah alat strategis yang digunakan untuk mengembangkan konsep bisnis yang inovatif dan berkelanjutan. Selain itu, para peserta juga diberi pelatihan dalam merancang Business Plan yang efektif, yang merupakan elemen kunci dalam mengimplementasikan ide bisnis mereka ke dalam praktik nyata.
Pelatihan ini merupakan salah satu inisiatif ITL Trisakti untuk mendorong semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa, serta membekali mereka dengan keterampilan praktis yang diperlukan dalam dunia bisnis. Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, mahasiswa dapat mengembangkan ide-ide bisnis yang dapat diimplementasikan secara nyata dan sukses di pasar.
- Marketing Days (Bazar)
Sebagai penutup rangkaian kegiatan Pekan Kewirausahaan ITL Trisakti, diadakan pameran produk atau bazar yang tidak kalah menarik. Acara ini diramaikan oleh 11 stand dari mahasiswa ITL Trisakti dan 20 stand dari Ikatan Wanita Pengusaha (IWAPI) Indonesia DPD Daerah Khusus Jakarta.
Pameran ini menampilkan berbagai produk dan layanan inovatif yang dikembangkan oleh mahasiswa ITL Trisakti. Selain itu, partisipasi dari Ikatan Wanita Pengusaha (IWAPI) Indonesia DPD Daerah Khusus Jakarta menambah keberagaman dan kualitas produk yang dipamerkan.
Marketing Days ini tidak hanya berfungsi sebagai pameran, tetapi juga sebagai platform untuk networking dan pertukaran ide antara mahasiswa, pengusaha, dan masyarakat umum. Pengunjung bazar dapat menikmati berbagai produk, berinteraksi langsung dengan para pencipta produk, dan mendapatkan pemahaman lebih mendalam tentang proses kreatif dan bisnis di balik setiap produk yang dipamerkan.
Dengan suksesnya acara ini, ITL Trisakti berharap dapat terus mendorong semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan memperkuat hubungan dengan komunitas bisnis yang lebih luas. Acara ini juga menunjukkan komitmen ITL Trisakti untuk menyediakan wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan dan memamerkan bakat mereka, serta mempersiapkan mereka untuk menjadi pengusaha sukses di masa depan.
Reporter: Sely Amalia
Desain: Aris Nur Wijaya
Editor: Yosi Pahala